Pahala Niat dan Pahala Melakukan Kebaikan


Setiap perbuatan yang dilakukan oleh pemeluk agama Islam akan selalu di balas dengan pahala atau dosa. Salah satu keindahan agama Islam adalah tentang niat melakukan kebaikan.

Bila kita berniat untuk melakukan suatu kebaikan tetapi tidak jadi melakukannya maka niat tersebut tercatat sebagai pahala satu kebaikan secara penuh di sisi Allah SWT.

Namun bila suatu niat tersebut terlaksana menjadi suatu perbuatan maka tercatat di sisi Allah SWT pahala kebaikan sebesar sepuluh sampai tujuh ratus kali lipat bahkan lebih.

Kemudian bila kita berniat melakukan kejahatan tetapi tidak jadi melakukannnya, maka tercatat sebagai pahala satu kebaikan di sisi Allah SWT.

Akan tetapi bila kita berniat melakukan suatu kejahatan dan jadi melakukannya maka akan tercatat sebagai satu perbuatan dosa saja.

Hal ini telah dijelaskan dalam suatu hadits Nabi Muhammad SAW yang di riwayatkan oleh Imam Bukhari seperti berikut:

"Sesungguhnya Allah telah menetapkan kebaikan-kebaikan dan keburukan-keburukan, kemudian Dia telah menjelaskan hal itu. Barang siapa yang berniat melakukan suatu kebaikan namun tidak jadi melakukannya, niscaya Allah mencatat hal itu di sisi-Nya satu kebaikan secara penuh. Dan jika ia berniat akan melakukan suatu kebaikan, kemudian jadi melakukannya, niscaya Allah mencatat hal itu di sisi-Nya sepuluh sampai tujuh ratus kali lipat bahkan lebih. Sebaliknya barang siapa berniat yang berniat akan melakukan suatu kejahatan dan tidak jadi melakukannya, niscaya Allah mencatat hal itu di sisi-Nya satu kebajikan secara penuh. Dan jika ia berniat melakukan suatu kejahatan dan jadi melakukannya, niscaya Allah mencatat untuknya hanya satu kejahatan saja".

Baca : Informasi Religi



Comments

Popular Posts