Berbagi Informasi

3 Hal Penting Kenapa HUT Sumpah Pemuda Sangat Berarti Bagi Para Pemuda Kadatua

Pemuda, umumnya identik dengan semangat yang menggebu-gebu. Pemuda identik dengan energi yang melimpah. Pemuda identik dengan gairah untuk mencapai mimpi-mimpi yang indah.

Memanfaatkan momentum hari sumpah pemuda (28 Oktober), para pemuda yang ada di pulau Kadatua mengadakan sebuah acara “Refleksi Sumpah Pemuda” yang dikemas dengan tema “ Meningkatkan solidaritas, integritas, dan profesionalitas pemuda dalam pengembangan pariwisata untuk kadatua hebat dan bercahaya”.

Pertunjukkan seni pemuda/pemudi Kadatua. Foto: Laode Muhamad Hedin

Acara tersebut di gelar pada malam hari dengan menampilkan beberapa performa oleh pemuda/pemudi Kadatua seperti pertunjukkan seni, drama dan yang lainnya. Selain itu diskusi dan dialog terkait perkembangan Kadatua ikut mewarnai acara malam tersebut.

Memanfaatkan momentum HUT Sumpah Pemuda, dari acara “Refleksi Sumpah Pemuda” tersebut setidaknya ada tiga hal penting yang sangat berharga untuk para pemuda yang ada di Pulau Kadatua.

1. Bersatu Untuk Kadatua

Jiwa utama dari sumpah pemuda adalah persatuan. Para pemuda Kadatua harus benar-benar mengingat hal ini dan mengaplikasikannya untuk kemajuan Kadatua.

Ada istilah “bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh”. Para pemuda/pemudi Kadatua harus mulai bersatu untuk satu tujuan yaitu untuk Kadatua.

Lupakan segala perselisihan yang pernah terjadi di masa lalu. Bersabar, minta maaf sama temanmu dan maafkan temanmu. Put your ego and start working together.


2. Pengembangan Diri Pemuda

Momentum sumpah pemuda 2017 bisa menjadi tonggak awal para pemuda Kadatua untuk mengembangkan diri sesuai dengan minat dan bakatnya masing-masing.

Yang hobi membaca, mengaji, menulis, fotografi, seni, mengajar, olahraga, memancing, berdagang, berenang dan lain-lain. Tekunilah. Jadilah yang terbaik dibidang yang kamu suka. Give your best!

Percayalah. Hobimu, bakatmu, atau apapun yang ada pada dirimu semuanya bernilai positif. Semuanya akan bermanfaat pada waktunya.

Jaga kesehatanmu, hindari miras. Bagaimana mungkin kamu akan mengembangkan diri kalau masih berdekatan dengan sesuatu yang buruk.

Jaga akhlakmu. Jaga dirimu. Jaga nama Kadatua.


3. Ikut Serta Dalam Pengembangan Daerah

Tidak dapat dipungkiri bahwa peran pemuda sangat berpengaruh dalam pengembangan Kadatua. Kelebihan para pemuda sekarang yaitu akses informasi yang sangat luas dan cepat.

Melalui momentum sumpah pemuda, para pemuda Kadatua harus mulai bergerak dan semangat bekerja sesuai dengan hobi, bakat atau pekerjaan yang ditekuni.

Untukmu wahai para pemuda Kadatua. Melalui semangat sumpah pemuda, camkanlah dalam hati bahwa Kadatua membutuhkanmu.

Sekecil apapun, berikan sesuatu untuk kampungmu. Berikan sesuatu untuk tempat lahirmu. Tempat di mana pertama kali kamu mengenal dunia.

Ingatlah Kadatua. Tempat di mana kamu bermain dan berlari-lari di saat hujan turun. Tempat di mana kamu bermain dan mandi di laut dan di pantai.

Ingatlah kampungmu. Tempat di mana kamu menanam jagung di kebun. Tempat di mana kamu menikmati ikan bakar yang segar.

Berpartisipasilah sesuai dengan kemampuanmu. It’s your time Pemuda Kadatua!

Melihat Acara Refleksi Sumpah Pemuda Kaum Muda Kadatua

Information All About Kadatua

No comments:

Post a Comment