Sharing The Information

Hukum Mengadu Domba Dalam Islam


Dalam kehidupan sehari-hari kadang-kadang kita menjumpai ada orang yang hobi mengadu domba. Ada yang hanya ingin bercanda tapi ada juga yang memang ingin mengadu domba orang lain.

Di zaman sekarang ini ada pihak-pihak tertentu yang sengaja melakukan adu domba masyarakat dengan menyebarkan berita tidak benar ( hoaks) dengan tujuan agar rakyat atau masyarakat terpecah belah.

Orang-orang yang melakukan adu domba umumnya ingin mengambil keuntungan dari perselisihan yang terjadi antar sesama rakyat. Mereka menjual berita-berita miring yang tidak berguna semata-mata agar masyarakat terpancing dan saling menyalahkan satu sama lain.

Dalam islam, perbuatan adu domba merupakan salah satu perbuatan yang sangat berat hukumnya. Hukum adu domba dapat kita lihat dalam sebuah hadist sebagai berikut:

" Hadist dari Hudzaifa, ia berkata, aku pernah mendengar Nabi Muhammad SAW bersabda, " Tidak masuk surga seorang yang suka mengadu domba".

Diriwayatkan oleh Al Bukhari, Kitab Adab (LXXVIII), Bab Dilarang mengadu domba (50).

Dari hadist di atas terlihat bahwa betapa beratnya hukum melakukan adu domba sampai-sampai pelakunya tidak akan masuk surga.

Semoga kita dilindungi dari godaan syetan dari segala perbuatan yang dapat menjerumuskan kita ke dalam perbuatan adu domba.

No comments:

Post a Comment