Sharing The Information

Dua Potensi Besar Wilayah Laut Buton Selatan

Kabupaten Buton Selatan yaitu salah satu kabupaten yang ada di wilayah Kepulauan Buton. Buton Selatan mempunyai laut yang sangat luas. Bahkan bisa dikatakan wilayah laut Buton Selatan lebih luas dibandingkan dengan wilayah daratnya.

Selain wilayah daratnya, wilayah laut Buton Selatan juga menyimpan potensi yang bila dikelola dengan baik akan memberi keuntungan yang sangat besar untuk masyarakat maupun perkembangan sosial ekonomi Buton Selatan.

Wilayah Laut Kabupaten Buton Selatan. Gambar: googlemap

Secara spesifik ada dua potensi besar yang ada di wilayah laut Buton Selatan, yaitu (1) Potensi Perikanan dan (2) Potensi Pariwisata Bawah Laut.

1. Potensi Perikanan

Kabupaten Buton Selatan yang terletak di daratan Pulau Buton yaitu Kecamatan Batauga, Kecamatan Sampolawa dan Kecamatan Lapandewa. Kemudian wilayah Buton Selatan yang terletak di daerah kepulauan yaitu Kecamatan Kadatua, Kecamatan Siompu, Kecamatan Siompu Barat dan Kecamatan Batuatas.

Wilayah perairan laut Buton Selatan yang sebagian besar terletak di bagian selatan Pulau Buton menyimpan kekayaan laut berupa potensi ikan yang sangat menggiurkan.

Sebagian besar kecamatan di wilayah Kabupaten Buton Selatan terletak dekat dengan laut. Ini menunjukkan bahwa masyarakat Buton Selatan sangat siap untuk memanfaatkan potensi alam yang terletak di laut Buton Selatan.

Salah satu peran serta Pemerintah Kabupaten Buton Selatan dalam memanfaatkan potensi laut dan memajukan pereokonomian bisa dilaksanakan melalui pemberian bantuan terhadap masyarakat yang selama ini berkecimpung di bidang perikanan, misalnya para nelayan.

Bantuan kepada para nelayan dapat berupa kapal nelayan atau peralatan pancing. Hal ini bisa memompa semangat kerja dan mendapatkan hasil yang maksimal berupa ikan yang banyak. Pada akhirnya ini bisa memajukan ekonomi wilayah Buton Selatan.

2. Potensi Pariwisata Bawah Laut

Laut Buton Selatan selain mempunyai potensi perikanan, juga menyajikan potensi wisata bawah laut yang sangat menarik. Kondisi bawah laut Buton Selatan bisa menjadi salah satu area menyelam dengan terumbu karang yang beaneka ragam.

Terkait dengan potensi perikanan dan wisata bawah laut, pemerintah Buton Selatan harus mulai mengawasi kegiatan oknum yang melakukan bom ikan. Pertumbuhan dan keindahan karang laut bisa rusak karena tangan-tangan jahil yang tidak bertanggung jawab.

Di masa depan, wilayah laut Buton Selatan bisa menjadi destinasi wisata yang sangat menarik. Adanya pulau-pulau yang ada di wilayah Buton Selatan seperti pulau Kadatua, Liwutongkidi, Siompu, dan Batu Atas sangat mendukung untuk majunya wisata Buton Selatan.

Demikianlah dua potensi besar yang terdapat di wilayah laut kabupaten Buton Selatan. Semoga potensi ini bisa segera dimanfaatkan masyarakat dan pemerintah sehingga bisa membuat roda perekonomian Buton Selatan menjadi lebih baik.

No comments:

Post a Comment