Sharing The Information

Jangan Menunda-nunda Sesuatu

Dalam bahasa inggris ada suatu istilah yang sangat bagus sekali yaitu “ Do important things NOW before they becomes URGENT”. Secara bahasa, kalimat tersebut berarti ; Lakukanlah sesuatu yang penting sekarang sebelum sesuatu tersebut menjadi mendesak.

Kalimat di atas terlihat sederhana tapi mengandung makna yang sangat besar. Secara spesifik kalimat di atas mengandung arti bahwa bila kita mempunyai pekerjaan yang penting maka sebaiknya kita harus melakukan atau mengerjakannya sekarang, mumpung masih ada waktu yang luang, karena jika menunda-nunda sampai mendekati batas waktunya maka pekerjaan tersebut akan berubah menjadi sesuatu yang sangat mendesak untuk diselesaikan.

Pekerjaan yang diselesaikan secara terburu-buru tidak akan mendapatkan hasil yang bagus. Kalaupun pekerjaan tersebut selesai, hasilnya tidak akan terlihat WOW.

Seharusnya kita bisa melakukan suatu pekerjaan dengan tenang untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Tapi karena kebiasaan buruk kita yang selalu lalai dan terlena dengan waktu akhirnya kita baru mengerjakan pekerjaan itu di saat waktu semakin sempit dengan rasa yang terburu-buru.

Kita menyusahkan diri sendiri dengan membuang-buang waktu dan mengerjakan sesuatu dalam waktu yang sangat terbatas. Kita membuat pekerjaan tersebut menjadi sesuatu yang sangat mendesak. Dalam keseharian seringkali kita menunda dan mengerjakan ketika dekat-dekat deadline. Ada banyak contoh tentang hal ini.

Misalnya seorang siswa atau mahasiswa yang diberi tugas pada hari senin dan akan di kumpul pada senin depannya. Jika dia bisa mengatur waktunya maka dia akan mulai menyicil tugas tersebut pada hari rabu atau hari kamis. Tapi karena terlena dengan waktu biasanya mereka akan mulai mengerjakan tugas tersebut pada hari minggu. Yang lebih parah bahkan ada yang baru mengerjakan pada malam senin.

Seorang siswa atau mahasiswa yang mengerjakan tugas dengan durasi yang sempit biasanya akan tertekan secara mental dan emosi. Hal ini menyebabkan hasil pekerjaannya menjadi kurang maksimal.

Contoh lain misalnya seorang karyawan yang harus mengirim laporan tiap akhir minggu (jumat atau sabtu). Karyawan yang mampu mengatur waktunya akan mulai menyicil laporan tersebut dari hari selasa atau rabu. Dia akan mulai mengumpulkan data-data mana yang harus dilaporkan. Dia akan menyicil laporan tersebut sehingga ketika akhir minggu dia tinggal menyelesaikan bagian yang sedikit untuk dilengkapi.

Apapun pekerjaan anda, belajarlah untuk selalu menghargai waktu. Tidak ada kesuksesan tanpa disiplin diri. Hanya orang-orang yang mampu mengatur waktu dengan baik yang akan merasakan manisnya kesuksesan. Salam sukses!

No comments:

Post a Comment