Sharing The Information

Memahami Istilah "Kafir" Yang Sebenarnya

Pernah mendengar istilah kafir? Anda pasti sudah sering mendengarnya. Bahkan bisa dikatakan sepanjang tahun 2017 ini istilah kafir menjadi naik daun seiring adanya pergolakan sosial agama di masyarakat.

Mendengar istilah kafir maka akan langsung terbesit dipikiran kita tentang sesuatu atau kata yang kurang pantas diucapkan. Padahal kalau kita tahu arti yang sebenarnya makna kafir tidaklah seburuk seperti yang kita pikirkan selama ini.

Anda beruntung bisa membaca artikel ini, setidaknya setelah membaca artikel ini sampai selesai maka anda akan mulai bisa memahami tentang makna istilah kafir yang sebenarnya.

Kalau kita melihat asal muasal istilah kafir maka mau tidak mau kita harus merujuk kepada Al Qur’an kitab suci pemeluk agama Islam. Ada banyak sekali istilah kafir yang ada di dalam Al Qur’an. Bahkan ada surat tersendiri untuk mengungkapkan tentang istilah kafir ini. Mari kita lihat surat dan ayat-ayat yang berkaitan dengan istilah kafir.

Kita mulai dengan melihat surat Al Kafirun.
 

Kata “kafir” pada ayat di atas ditujukan untuk orang-orang kaum Quraisy, yaitu salah satu suku yang ada di Arab. Pada saat itu mereka tidak mau mengikuti ajaran Islam dan malah menawarkan kepada Nabi Muhammad agar menyembah tuhan mereka (patung-patung berhala) dan mereka akan menyembah Allah SWT secara bergantian. Ayat di atas turun dan di wahyukan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai jawaban atas tawaran orang-orang Quraisy tersebut.

Selanjutnya mari kita lihat Qur’an Surat Al Fath ayat 13.


Istilah “kafir” pada ayat ini muncul sebagai informasi bahwa orang yang tidak beriman kepada Allah dan Rasul-Nya maka akan disediakan neraka yang menyala-nyala.

Kemudian mari kita lihat lagi ayat yang lain.


Kata atau istilah “kafir” pada ayat ini muncul untuk menyebut kaum yang berputus asa dari rahmat Allah.

Masih banyak lagi ayat-ayat dalam Al Qur’an yang berkaitan dengan kata atau istilah “kafir”. Dari beberapa ayat di atas maka dapat diambil sedikit kesimpulan bahwa kata atau istilah kafir merupakan sebutan untuk orang-orang yang tidak beriman kepada Allah SWT dan Rasul-Nya. Dan ini berlaku untuk orang manapun di dunia ini, apakah orang Arab, Yahudi, Nasrani.

No comments:

Post a Comment