Sharing The Information

Perbandingan Potensi Gas Alam dan CBM di Indonesia

Potensi gas alam yang ada di Indonesia bisa dikatakan cukup besar yaitu 380 TCF. Potensi ini tersebar di banyak daerah di Indonesia. Gas alam yang telah diproduksi sejauh ini baru sebesar 2.7 TCF (data ESDM 2008). Ini artinya potensi gas alam di Indonesia masih lumayan besar.

Gas alam merupakan gas yang berasal dari reservoar hidrokarbon (minyak dan gas bumi). Eksplorasi dan eksploitasi gas alam di Indonesia telah dilakukan lebih dari puluhan tahun. Hasil produksi gas alam di Indonesia sudah digunakan di dalam negeri untuk berbagai macam keperluan dan sebagian lagi sudah diekspor ke luar negeri.

Pemakaian gas alam saat ini sebagian sudah menggantikan minyak. Sebagai contoh misalnya pemakaian gas LPG di Indonesia sangat membantu untuk mengurangi ketergantungan pada minyak bumi. Selain untuk konsumsi dalam negeri, gas alam ini juga di kirim ke luar negeri melalui pipa gas dan kapal LNG.

Berikut ini adalah gambar cadangan gas alam yang ada di Indonesia beserta dengan infrastrukturnya.
Infrastruktur dan cadangan gas alam nasional. Sumber gambar: ESDM 2008.

Selanjutnya bagaimana dengan potensi CBM di Indonesia?

Potensi CBM di Indonesia saat ini sangat besar yaitu 453 TCF. Jumlah ini sangat besar sekali dibandingkan dengan potensi gas alam yang hanya 380 TCF. Walaupun mempunyai potensi yang sangat besar ada kabar gembira dan kabar buruk untuk anda tentang potensi CBM ini.

Kabar gembira tentang CBM yaitu sumber daya alam ini bisa digunakan untuk rakyat Indonesia dalam beberapa puluh tahun kedepan. Kabar buruknya yaitu produksi CBM di Indonesia belum besar, bahkan 1 TCF pun belum ada. Kecilnya produksi CBM di Indonesia disebabkan oleh berbagai macam hal baik dari sisi teknis maupun komersial.

No comments:

Post a Comment