Sharing The Information

Mengenal Politeknik Geologi dan Pertambangan "AGP"

Politeknik Geologi dan Pertambangan AGP adalah salah satu politeknik yang mengusung pendidikan yang berfokus pada ilmu dan teknologi kebumian. Jurusan yang ada di politeknik ini ada tiga yaitu Teknik Geologi (Teknologi Geologi Terapan), Teknik Pertambangan (Teknologi Pertambangan Mineral), dan Sistem Informasi konsentrasi Geo-Informatika.

Ilmu kebumian merupakan salah satu rumpun ilmu yang mempelajari bumi dengan berbagai macam aplikasinya. Pada awalnya ilmu kebumian bertujuan untuk eksplorasi dan eksploitasi sumber daya alam tetapi pada masa kini ilmu kebumian mulai di gunakan untuk berbagai macam hal, baik untuk bangunan, lingkungan, bahaya (gempa, tsunami), wisata dan yang lainnya.

Jurusan yang masuk dalam rumpun ilmu kebumian antara yaitu Teknik Geologi/Geologi, Teknik Geofisika/Geofisika, Teknik Perminyakan, Teknik Pertambangan, Geografi, Teknik Panas Bumi/Geothermal, dan lain sebagainya. Teknik Panas Bumi atau Geothermal merupakan pengembangan dari jurusan Geologi dan Geofisika.

Jurusan yang ada di Politeknik Geologi dan Pertambangan AGP adalah jurusan-jurusan yang termasuk dalam lingkup ilmu kebumian kecuali Sistem Informasi. Walaupun demikian jurusan Sistem Informasi ini fokusnya untuk geo-informatika, yang mempelajari aplikasi ilmu informatika untuk ilmu kebumian.

Para Dosen Politeknik Geologi dan Pertambangan AGP. Gambar: TotokDP

Kampus Politeknik Geologi dan Pertambangan AGP terletak di Jl. Cisaranten Kulon, Arcamanik, Bandung, Jawa Barat. Untuk informasi lebih lanjut anda bisa langsung melihat di website resmi kampus.

Munculnya pendidikan politeknik dan akademi merupakan jawaban atas permintaan atau kebutuhan tenaga siap kerja. Seperti yang kita ketahui bahwa banyak posisi pekerjaan yang membutuhkan tenaga siap pakai di bidang ini dan itu hanya bisa diperoleh melalui lulusan politeknik atau akademi.

Di masa kini, tingginya tingkat persaingan kerja membuat banyak lulusan SMA memilih jalur kuliah dengan prospek kerja yang terarah, misalnya di bidang geologi dan pertambangan.

Mahasiswa Jurusan Geologi dipersiapkan agar mampu memahami dan melakukan analisis terhadap sumber daya alam, lingkungan dan bencana geologi. Lulusan Geologi bisa bekerja di berbagai macam bidang seperti pertambangan, ESDM, perminyakan, PLN, dan lain sebagainya.

Mahasiswa Jurusan Pertambangan dipersiapkan agar mampu memahami dan melakukan analisis terhadap sumber daya tambang, lingkungan dan pengelolaan sumber daya tambang. Lulusan dari jurusan Pertambangan bisa bekerja di berbagai macam bidang seperti pertambangan, ESDM, ANTAM, dan lain sebagainya.

Mahasiswa Jurusan Sistem Informasi (kosentrasi geo-informatika) dipersiapkan agar mampu memahami dan mengelola data-data sumber daya alam. Lulusan dari jurusan ini bisa bekerja di berbagai macam bidang seperti pertambangan, ESDM, ANTAM, perminyakan, PLN, IT dan lain sebagainya.

No comments:

Post a Comment