Sharing The Information

Prospek Kerja Geofisika atau Teknik Geofisika 2018


Sebelum membahas tentang lowongan kerja geofisika di tahun 2018, mari kita lihat kembali bagaimana sebenarnya prospek kerja jurusan geofisika atau teknik geofisika.

Anda bisa membaca prospek kerja geofisika di bagian sini. Mari kita ulas satu persatu bagaimana prospek lowongan geofisika pada tahun 2018.

1. Di Bidang Perminyakan (Migas)
Bila anda sudah membaca ulasan prospek kerja geofisika, maka anda bisa tahu dengan jelas bahwa lowongan atau posisi pekerjaan geofisika di bidang perminyakan (migas) itu cukup banyak.

Nah bagaimana dengan prospek di tahun 2018?

Jawabannya adalah: tergantung harga minyak dunia. Bisnis migas adalah bisnis minyak dan gas. Jika harga turun maka lowongan pekerjaan sedikit.

Baca: Yang Menderita Akibat Harga Minyak Turun

Kabar bagusnya: harga minyak sudah mulai beranjak naik di atas 60 USD/barrel. Jika bisa tembus 70-75 USD/barrel maka kemungkinan lowongan-lowongan migas untuk geofisika akan mulai bermunculan lagi. Bersabar dan berdoa.

2. Pertambangan
Untuk pertambangan sebenarnya masih banyak lowongan untuk lulusan geofisika. Posisi yang bisa di apply yaitu geologist atau engineer. Untuk tahun 2018 lowongan pertambangan bisa menjadi opsi yang menjanjikan dari pada menunggu harga minyak tembus di angka 100 USD/barrel.

3. Geothermal
Untuk tahun 2018 lulusan geofisika disarankan untuk masuk ke bagian geothermal. Berkarir di sini bisa menjadi pilihan yang sangat bagus untuk masa depan. Mengapa? Karena dalam beberapa tahun ke depan geothermal akan menjadi sumber energi yang akan dikembangkan dengan serius oleh pemerintah dan juga dunia.

Jika anda masih mahasiswa, anda bisa mengambil tugas akhir di bidang geothermal. Berkarir disini lebih menjanjikan dan saingannya juga sedikit dibandingkan dengan migas yang mana tingkat persaingannya sangat tinggi.

4. Lain-Lain
Di tahun 2018, lulusan geofisika harus menerima dengan lapang dada bahwa tingkat persaingan pekerjaan semakin tinggi. Jika anda baru lulus, yang harus anda lakukan adalah mencari pekerjaan di manapun yang anda bisa masuki. Atau jika anda ingin lanjut S2 maka itu bisa menjadi solusi alternatif selain berkarir di tiga pilihan tempat di atas.

Selamat mencari pekerjaan, semoga anda bisa mendapat tempat bekerja sesuai keinginan dan menimba pengalaman sebanyak-banyaknya dari situ.

No comments:

Post a Comment