Sharing The Information

Prospek Kerja Geofisika atau Teknik Geofisika Part 2


Lowongan kerja untuk lulusan geofisika atau teknik geofisika sebenarnya terbilang bervariasi dibandingkan dengan lulusan ilmu kebumian lainnya. Hal ini disebabkan oleh variasi ilmu mata kuliah yang dipelajari dalam geofisika.

Lulusan geofisika dibekali berbagai macam mata kuliah IT, Matematika, Fisika, Geologi, Instrumentasi, dan yang lainnya. Artinya sebenarnya para lulusan geofisika bisa memilih untuk masuk ke berbagai macam bidang sesuai dengan minat mereka masing-masing.

Dari berbagai macam lowongan pekerjaan yang ada, sebagian besar lulusan geofisika memilih untuk berkarir di bidang perminyakan (migas), pertambangan, dan geothermal. Bisa dibilang hanya sedikit yang memilih bekerja di luar jalur yang disebutkan tadi. Mari kita coba ulas satu per satu.

1. Perminyakan (Migas)
Bagi yang ingin bekerja di bidang perminyakan atau migas ada banyak jalur yang bisa dipilih untuk berkarir atau bekerja.

Geoscientist/Geophysicist Di Perusahaan Minyak; Lulusan geofisika bisa bekerja sebagai seorang geoscientist/geophysicist di perusahaan minyak. Keahlian utama seorang lulusan geofisika pada posisi yaitu harus mampu melakukan analisis data geofisika dengan berbagai macam metode seismik seperti inversi seismik, seismik atribut, AVO, dan lain-lain.

Data Management/Database: lulusan geofisika bisa bekerja sebagai database atau data management engineer di perusahaan minyak atau perusahaan services migas. Keahlian yang dibutuhkan untuk posisi ini yaitu mampu mengatur dan mengelola data-data subsurface seperti data seismik, well log, core, dan lain sebagainya.

Support Engineer atau Support Geoscientist/Geophysicist: lulusan geofisika bisa bekerja sebagai support di perusahaan minyak atau perusahaan services migas. Keahlian yang dibutuhkan yaitu menguasai software-software perminyakan dan memberikan solving bila terdapat berbagai macam problem terhadap software-software yang digunakan oleh para geologist atau geophysicist.

Bagian Akuisisi Seismik: setidaknya ada tiga bagianyang bisa dimasuki oleh lulusan geofisika di bagian pekerjaan akuisisi seismik yaitu processing geophysicist, seismologist, dan bagian recording data. Posisi-posisi ini hanya umumnya terdapat diperusahaan services migas.

Field Engineer: Posisi ini biasanya terdapat di perusahaan services yang melakukan pengeboran dan well log. Keahlian yang dibutuhkan umumnya berupa pemahaman tentang pengeboran migas, memahami proses well log geofisika, dan lain-lain.

2. Pertambangan
Di bidang pertambangan, lulusan geofisika bisa bekerja sebagai geologist atau engineer, tergantung dari spesifikasi pekerjaan yang diminta. Keahlian yang dibutuhkan umumnya memahami metode-metode geofisika seperti metode gravity dan magnet, metode geolistrik yang lebih spesifik untuk tambang, dan lai-lain. Selanjutnya hubungan antara metode-metode tadi dengan target barang tambang yang dicari juga harus diketahui.

3. Geothermal
Di bidang geothermal, lulusan geofisika bisa bekerja sebagai geophysicist atau engineer, tergantung dari spesifikasi pekerjaan yang diminta. Keahlian yang harus dikuasai antara lain geolistrik (cari metode-metode geolistrik yang berhubungan dengan geothermal atau panas bumi), gravity dan magnet, dan lain-lain.

4.Lain-Lain
Lulusan geofisika bisa bekerja di berbagai tempat selain yang disebutkan di atas. Tempat-tempat yang bisa menjadi ajang berkarir bagi lulusan geofisika yaitu Lemigas, BPPT, ANTAM, Dosen, dan lain sebagainya.

Baca juga:
Prospek Kerja Geofisika Part 1

Prospek Kerja Geofisika Atau Teknik Geofisika 2018 

No comments:

Post a Comment